muhasabah

dibawah langit

Assalamu'alaikum

Label

Senin, 09 Mei 2011

Bila masa Lalu Mengukung Diri

Dalam menjalani kehidupan ini, kita mengalami berbagai kisah... ada bahagia, sedih, suka dan duka yang mewarnai kehidupan yang singkat ini.

Kisah-kisah yang kita alami kadang masih melekat didalam diri, apalagi kisah sedih dan duka yang menyakitkan. Begitu susah kita keluar dari bayang-bayang yang membuat kita semakin mundur untuk memperoleh kebahagiaan.
Seperti Dela yang sudah berbulan-bulan yang lalu ditinggal calon suaminya karena kecelakaan merenggut nyawa calon pasangannya tersebut. Dalam status FBnya slalu membuat betapa ia merasa sedih ditinggal sendiri, hidup hampa tiada gairah, status yang dibuat selalu menyedihkan. Setiap ada yang berusaha mendekatinya dan ingin melamarnya, dia bilang belum siap untuk menerima pengganti calonnya tersebut.

Ataupun Rino yang gagal dalam usahanya. Usahanya bangkrut karena ditipu oleh sahabatnya sendiri. Kegagalan ini membuat dia stress, tidak mau lagi berusaha, sehingga kerjanya sehari-hari bermenung dan tidur-tiduran dirumah.
Dan masih banyak lagi kejadian-kejadian yang menimpa diri seseorang, termasuk sahabat-sahabat yang pernah curhat pada saya.

Pengalaman-pengalaman sedih, duka dan pahit dimasa lalu masih tersimpan didalam hati. Terkadang hal itulah yang membuat kita selalu hidup dalam bayang-bayang kesedihan.

Sahabatku...Sampai kapan ini akan berakhir menemani hidupmu jika kenangan yang lama masih selalu diingat-ingat. Bukan tidak mungkin kedepannya akan ada terus kejadian yang mengingatkan akan hal itu. Namun, kehidupan tidak berhenti sampai disini saja. Masih banyak yang lain yang harus kita pikirkan dan perbuat. Boleh kita bersedih namun jangan sampai larut dalam kesedihan tersebut dan jangan membuat tubuh teraniaya karena kurang nafsu makan mengingat kejadian pahit yang menimpa diri.

Oleh karena itu, cobalah bangkit dari keterpurukanmu, untuk itu coba ikuti langkah berikut...

1. Melihat harapan baru
Langkah pertama untuk menyingkirkan kenangan pahit dan rasa sedih adalah mencoba menerima keadaan. Kemampuan manusia memang terbatas. Mau tidak mau kita harus mengakui bahwa di luar kemampuan kita sebagai manusia, ada kekuasaan lain yang maha hebat, yakni kekuasaan Tuhan. Oleh karena itu, apabila mengharapkan sesuatu, serahkan dahulu berhasil atau tidaknya kepada Allah. Baru setelah itu berusaha sungguh-sungguh untuk mencapainya. Sadari bahwa ada harapan untuk menjadi lebih baik di kemudian hari. Sebuah harapan adalah kunci untuk bisa menjalankan hidup yang lebih baik. Sikap hidup optimis dan penuh harap sangat penting bagi manusia, sebab kehidupan didunia ini penuh cobaan. Manusia tidak selalu bernasib mujur, usaha tidak selalu berhasil, dan apa yang dikehendaki tidak selalu tercapai. Untuk itu manusia tidak boleh sekali-sekali berputus asa dari rahmat Allah. Wujudkanlah sikap ini dalam bentuk ikhtiar dan berdoa kepada Allah, semoga masalah bisa teratasi, urusan dipermudah, segala yang mengganjal dihati bisa hilang dll. Kemudian bertawakallah kepada Allah setelah berusaha semaksimal mungkin.

2. Berbagi cerita terhadap sahabat
Bila perasaan kesepian menghampiri, kunjungilah sahabat atau keluarga terdekatmu. Berceritalah terhadap sahabatmu tentang kesedihan dan pengalaman pahit. Dengan begitu akan membantumu untuk menghilangkan rasa sedih. Atau lakukan kegiatan positif yang dapat mengurangi beban pikiranmu. Perasaan kita pasti akan rada enakan begitu semua keluar dari dada. Namun, kita harus cukup hati-hati dalam memilih teman curhat masalah kita, jangan sampe menjadi bumerang bagi kita karena bisa membongkar rahasia kita ke khalayak ramai. Curhat yang paling terjaga kerahasiaannya dimana kita bisa mencurahkan semua perasaan yang mengganjal dihati yaitu curhatlah kepada Sang Khalik, Dia lah tempat curhat yang paling baik dan Dia lah tempat pemberi solusi dan ketenangan dalam hati.

3. Fokus pada masa depan
Mengingat kenangan pahit tidak dapat mengubah situasi. Sebaiknya fokuslah pada masa depan dan mulai mencari kebahagiaan sendiri. Saat semuanya sudah mulai terasa lebih baik, maka kamu siap memulai kehidupan yang baru. 

4. Ambil pelajaran bahwa kenangan masa lalu merupakan kekuatan untuk masa depan
Sahabatku..kamu harus mengevaluasi peristiwa yang tlah terjadi dan pelajari sebab-sebab kegagalan atau sesuatu yang mengganjal dihati, kenapa peristiwa tersebut membuatmu begitu bersedih. Bila perlu tumpahkan isi hati dan uneg-unegmu ke dalam catatan atau diary. Menumpahkan semua pikiran yang ada di kepala ke dalam suatu tulisan dapat meringankan bebanmu. Cara yang paling sederhana menumpahkan isi hati dan pikiran adalah dengan menulis, bila tidak akan seperti sebuah saluran, ia akan tersumbat dan suatu saat meledak. Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, kecuali jika kamu memang menginginkannya demikian. Tertunda sejenak, bukan berarti tertunda selamanya. Frustasi cukup hanya bersifat sementara. Kegagalan harus dianggap sebagai langkah menuju sukses dan langkah menuju kebahagiaan, bukan sebagai rintangan yang menutup selamanya pintu keberhasilan. Sikapmu sangat berpengaruh pada cara kamu menanggapi kegagalan itu sendiri. Ketahuilah bahwa segala sesuatu yang kamu lalui akan membantumu menjadi lebih kuat di masa mendatang. Belajarlah dari kesalahan dan pengalaman yang menyakitkan, sehingga dirimu dapat berkembang menjadi lebih baik.

5. Membangkitkan rasa positif
Sahabat...Setiap kali kamu mengingat kenangan yang menyakitkan, cobalah untuk membangkitkan rasa positif dan rasa bahagia. Jika kamu bisa mengubah pikiran dengan memikirkan hal-hal yang menyenangkan, maka dirimu akan lebih mudah menyingkirkan perasaan sedih. Orang bijak sering mengatakan bahwa kegagalan bukan berarti hacurnya segala kehidupan akan tetapi merupakan penundaan sementara sebuah cita-cita. Jadikanlah kegagalan sebagai pendidikan terhadap diri kita sendiri, sehingga kegagalan itu diyakini mengandung kebaikan.

Catatan ini dibuat dalam rangka menyemangati sahabat-sahabat yang pernah curhat kepada saya dan yang pernah curhat melalui inboxs beberapa waktu yang lalu.... maaf pesannya tidak langsung dijawab dan baru bisa saya jawab melalui catatan ini... Semoga bermanfaat... Tetap semangat dalam menghadapi segala cobaan...


~~❤~~





Tidak ada komentar:

Posting Komentar