muhasabah

dibawah langit

Assalamu'alaikum

Label

Minggu, 07 April 2013

~❤~ Ku Khitbah Engkau dengan Hamdalah ~❤~


Sahabat semua tentunya sudah tau apa itu khitbah?, yup… khitbah itu berasal dari bahasa arab yang artinya melamar atau meminang. Nah…sebelum mengkhitbah ada aturan main yang ditetapkan syariat, Apakah itu???

Mari kita dengarkan Imam Nawawi mengemukakan perkara ini, “Orang yang meminang disunnahkan untuk memulai dengan membaca hamdallah dan syalawat untuk Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam”

Alhamdulillaahirabbil ‘aalamin. Allahumma shali’alla Muhammad wa’alaa aalii Muhammad. Meminang dengan hamdallah dan shalawat kepada Rasulullah adalah tuntunan syari’at.

Bila hamdallah dan shalawat sudah dibaca maka ucapkanlah dua kalimat syahadat: Asyhadualla Ilaaha Illallaah. Wahdahulaa syariikalah. Waasyhadu anna Muhammadan ‘abduhu warasuluh. (Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah. Tiada sekutu bagiNya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan RasulNya.

Barulah sampaikan niat untuk meminang gadis yang dimaksud.

Mengapa harus memakai syahadat?

Merujuk pada sebuah hadits bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda, “ Setiap lamaran yang tidak ada syahadat didalamnya seperti tangan yang tidak membawa barakah” (HR. Abu Daud)

Agar pinangan membawa berkah dalam pernikahan maka membaca syahadat menjadi bagian penting yang tidak boleh diabaikan. Rangkaian pujian kepada Allah, shalawat kepada Rasulullah dan dua kalimat syahadat yang dibacakan, semoga menjadi pahala kebaikan untuk melanggengkan pernikahan.

Sumber : buku Kupilih Engkau Karena Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar