muhasabah

dibawah langit

Assalamu'alaikum

Label

Senin, 08 Agustus 2011

### Hanya Islam Yang Diridhoi Allah ###





(Menjawab pertanyaan sahabat dalam status sebelumnya)
Sudahkah kamu masuk islam? Jika mereka masuk islam berarti mereka telah mendapat petunjuk (ali imran: 20)

Karena “ Sesungguhnya agama (yang diridhoi) disisi Allah ialah islam”(ali imran: 19)

Jika kita tdk dikaruniai harta ataupun kesehatan, sesungguhnya kita tlah dikaruniai akal dan islam. Dan sebesar-besarnya nikmat adalah nikmat iman dan islam. Maka beruntunglah kita bs hdp dan meninggal dlm keadaan islam. Oleh karena itu ucapkanlah sepenuh hati "Alhamdulillaah".

Bagaimana jika kita sudah islam karena keturunan? Apakah kita termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk?

Janganlah kita memiliki perasaan bahwa sudah sepatutnya kita jadi orang islam, karena bapak ibu kita dan kakek nenek kita juga orang Islam. Sehingga kita menganggap bahwa seolah-olah Islam itu hanya karena faktor keturunan dan tidak mengerti bahwa menjadi orang Islam adalah anugerah Allah, karena petunjuk Allah terhadap agama yang benar.

Diriwayatkan oleh Imam Turmudzi, Rasulallah bersabda, “Ingatlah bahwa sesungguhnya anak cucu bani adam dijadikan Allah bermacam-macam tingkatan atau golongan. Ada yang lahir sebagai mukmin muslim sebab bapak ibunya mukmin, lalu hidupnya tetap mukmin sampai mati. Ada yang lahir kafir dan mati dalam keadaan kafir. Ada pula yang lahir mukmin tapi matinya kafir. Ada yang lahir kafir, hidup kafir tapi matinya mukmin (khusnul khotimah). Wallahu a’lam
Maka bersyukurlah kita termasuk orang yang lahir dalam keadaan muslim, dan semoga hidup hingga meninggal dalam keadaan muslim.

“Barang siapa yang dikehendaki dan dipilih oleh Allah untuk mendapat petunjuk-Nya, maka Allah akan melapangkan dadanya untuk (memeluk) Islam”. (QS. Al-An’am;125).

Apakah ada agama yang benar dimata Allah selain Islam??

Mungkin kita pernah mendengar bahwa semua agama itu benar. Hmmm…apakah itu benar?

Mari kita kaji Al-Qur’an agar kita tidak tersesat atau tertipu oleh orang-orang yang berusaha merusak aqidah kita.

“Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata): "Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat- dekatnya." Sesungguhnya Allah akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar.” [Az Zumar:3]

Allah SWT berfirman: ''Dialah yang mengutus rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar Dia memenangkannya di atas segala agama-agama meskipun orang-orang musyrik benci.'' (QS. As-saff: 9). Dari firman tersebut kita dapat menyimpulkan agama terbagi dalam dua bagian, yaitu agama yang berasal dari Allah ( agama yang diridhoi yaitu Islam) dan agama selain Islam. Dalam ayat itu juga menegaskan Islam merupakan agama yang benar.

Bukti bahwa Islam sebagai satu-satunya agama yang diridhoi Allah, dapat pula diperhatikan pada wahyu terakhir yang diterima oleh Rasulullah tatkala beliau sedang melaksanakan haji wada' yang berbunyi: ''Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu dan telah Kucukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Kuridhoi Islam itu jadi agamamu (QS Al-Maidah: 3).

Ayat lainnya dalam surat Ali Imran, Allah berfirman: ''Barangsiapa mencari agama selain dari agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.'' (QS 3: 85). Dari ayat ini terbuktilah bahwa tidak ada agama lain yang benar disisi Allah selain islam.

Dan terakhir, bersyukurlah hidup dalam keadaan islam, karena “ Sesungguhnya agama (yang diridhoi) disisi Allah ialah islam”(ali imran: 19) dan karena “Kamu (umat islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf dan mencegah yang mungkar dan beriman kepada Allah (Ali Imran: 10).

“Barangsiapa yang berpegang teguh kepada agama Allah, maka sungguh dia diberi petunjuk kepada jalan yang lurus(Ali Imran: 101)

“ Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepadaNya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim.(Ali Imran: 102)


~::>><<::~
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar